PERALATAN POKOK YANG BIASA DIGUNAKAN UNTUK INSTALASI LISTRIK

1. Tang kombinasi
Alat yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari sangat familiar disebut dengan Tang saja, meski sebenarnya namanya adalah Tang kombinasi, dibawah ini bisa kita lihat penampakan gambar tang kombinasi.
panduan-listrik

Ketika melakukan pemasangan instalasi tang ini sangat membantu ketika akan melakukan penyambungan dua kabel.


2. Tang lancip
Alat yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari dikenal juga dengan nama tang buaya, sebenarnya tang ini juga biasa digunakan pada kegiatan perbengkelan, untuk pembaca yang belum tahu bentuknya bisa disimak penampakan pada gambar dibawah ini.
panduan-listrik

Tang lancip sangat membantu sekali ketika anda memelintir kabel, biasanya ketika menyambung kabel saya menggunakan tang ini sebagai pemutar dan tang kombinasi sebagai penahannya.


3. Tang Potong
Meski untuk memotong kabel bisa saja menggunakan kedua jenis tang diatas, namun saya sangat menganjurkan anda memiliki tang potong ini, apalagi jika anda berprofesi sebagai installer listrik, untuk lebih meyakinkan bagaimana bentuk tang potong berikut gambar penampakannya.

panduan-listrik
Salah satu fungsi lainnya tang potong ini adalah berguna untuk mengupas karet pembungkus kabel, menggunakan alat ini untuk mengupas kabel akan sangat berbeda hasilnya dengan tang kombinasi atau tang lancip.


4. Test-pen
Test-pen berbentuk obeng minus, fungsinya untuk mendeteksi fase listrik yang terdapat pada suatu instalasi listrik, cara menggunakannya cukup mudah, anda tinggal menyentuh besi yang terdapat pada kepala test-pen kemudian ujung test-pen disentuhkan kebagian kabel yang diuji.

panduan-listrik
Perlu diperhatikan bagian ujung test-pen yang tidak dibungkus jangan disentuh bersamaan ketika anda melakukan test fase arus listrik.


5. Meteran
Dalam melakukan pemasangan instalasi meteran berguna untuk mengukur panjang kabel yang dibutuhkan dan mengukur panjang pipa PVC yang digunakan untuk menutupi kabel

panduan-listrik
Manfaat kita mengukur dengan tepat bahan yang dipakai dalam pemasangan instalasi adalah agar bahan yang digunakan tidak terbuang percuma.


6. Obeng Plus-minus
Alat ini digunakan untuk memasang sekrup pada saklar atau kotak-kotak kedudukan saklar

panduan-listrik


7. Isolasi
Dalam penyambungan dua kabel diwajibkan kepada pemasang instalasi untuk membungkus kabel dengan isolasi, hal ini berguna untuk melindungi korsleting antar kabel, isolasi yang saya anjurkan adalah isolasi dari bahan karet sehingga tahan lama

panduan-listrik


8. Martil
Membantu anda ketika memasang paku, ketika memasang rolen, dan ketika memasang klem pipa

Perlengkapan Pokok Instalasi Listrik


9. Gergaji besi
Alat ini digunakan untuk memotong pipa yang biasanya digunakan untuk melindungi kabel




sumber artikel klik disini!


SUBSCRIE CHANNEL YT SAYA GUYS ==> Go to Subscribe

Komentar

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Posting Komentar